Senin, 13 April 2015

Metode Ilmiah

Apakah yang dimaksud dengan penelitian itu? Secara umum, penilitian dapat diartikan sebagai proses mengumpulkan dan menganalisis data atau informasi secara sistematis sehingga menghasilkan kesimpulan yang sah. Langkah-langkah yang ditempuh dalam metode ilmiah merupakan langkah yang hierarkis (berjenjang atau berurutan) dan logis. Tahapan-tahapannya sitematis, bukan acak. Dalam penelitian, langkah dengan menggunakan metode ilmiah tersebut secara tipikal dapat dirinci sebagai berikut.

1. Mengenali dan menentukan masalah yang akan diteliti.
2. Mengkaji teori yang sudah ada yang relevan dengan masalah yang hendak diteliti.
3. Mengajukan hipotesis atau pertanyaan penelitian.
4. Membuat desain penelitian untuk menguji hipotesis tersebut.
5. Mengumpulkan data dengan menggunakan prosedur yang mengacu pada desain penelitian.
6. Menganalisis data.
7. Menginterpretasikan data dan menarik kesimpulan.

Dalam penelitian, suatu penarikan kesimpulan yang tidak menggunakan pendekatan atau metode ilmiah dapat dikatakan tidak sah. Kenapa? Hal ini perlu disadari oleh peneliti pemula karena dalam praktik ada beberapa prosedur dasar dalam penarikan kesimpulan yang tampak sah ternyata justru sebaliknya, tidak sah karena pendekatan yang ia gunakan bukan pendekatan ilmiah. Jika prosesnya tidak sah maka produk yang dihasilkan juga tidak sah secara ilmiah.

Suatu produk penelitian (dalam hal ini pengetahuan) yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah paling tidak mempunyai beberapa karakteristik, antara lain;

1. objektif
2. bahasa jelas
3. dapat diverifikasi, dan
4. empirik
         
Bagi orang awam, pengertian objektif adalah lawan dari subjektif, tidak bias, dan terbuka terhadap kritik. Dari sudut pandang prosedural dalam rangkaian proses penelitian, kata objektif ini mengacu pada prosedur pengumpulan dan analisis data sehingga si peneliti tidak mungkin menginterpretasikan hasil penelitiannya secara salah. Dengan kata lain, jika ada orang lain melakukan penelitian tersebut dengan prosedur seperti yang ia lakukan maka hasil yang diperoleh akan sama. Objektivitas ini sangat penting dalam penelitian dan deskripsi prosedur perlu sejelas mungkin agar terbuka peluang bagi peneliti lain untuk mereplikasi penelitian tersebut. Kadar objektivitas dalam banyak hal ditentukan oleh objek dan tempat penelitian. Contohnya, kadar objektivitas penelitian fisika di laboratorium relatif lebih tinggi daripada penelitian biologi di lapangan atau di kebun percobaan. Yang perlu disadari adalah bahwa masalah objektivitas bukan merupakan hal yang mudah karena penelitian sosial bukan dilakukan terhadap benda mati melainkan kepada manusia yang mempunyai perilaku berubah-ubah/sukar diramal. Oleh karenanya diperlukan kecermatan yang tinggi jika hasil yang diharapkan kelak ingin benar-benar dapat dipercaya.

Kejelasan atau akurasi merupakan aspek kedua yang perlu diperhatikan dalam penelitian. Dalam penelitian banyak sekali bahasa atau istilah teknis yang mungkin hanya dikenali oleh orang-orang tertentu. Bahasa yang digunakan harus jelas dan tepat. Salah satu cara untuk mengindahkan prinsip kejelasan berbahasa ini adalah membuat definisi operasional istilah yang digunakan sehingga orang lain tidak salah dalam menangkap makna yang ingin dituangkan dalam laporan penelitian.

Aspek ketiga adalah keterbukaan untuk diverifikasi. Ini berkaitan erat dengan dua aspek sebelumnya. Bila kedua aspek tersebut diindahkan, maka baik desain maupun hasil penelitian tersebut bersifat terbuka dan dapat ditindaklanjuti baik dalam bentuk penelitian ulang oleh peneliti lain atau penelitian yang lebih mendalam. Dalam dunia penelitian, hasil replikasi bisa sama, bisa juga berbeda dengan hasil penelitian semula. Istilah keterbukaan untuk diverifikasi disini berarti segala informasi dalam penelitian tersebut terbuka bagi publik untuk direplikasi, ditelaah kembali, dan di kritik, dikonfirmasi atau bahkan ditolak oleh peneliti lain.

Keempat, pendekatan yang dilakukan dalam dunia penelitian adalah pendekatan empiris. Kadang sesuatu dianggap benar oleh orang awam apabila sesuatu itu berjalan baik, tanpa mempertanyakan kembali mengapa sesuatu dianggap benar, karena kalau tidak benar maka tidak akan berjalan baik. Tetapi bagi seorang peneliti, pengertian empiris itu didasarkan pada bukti yang ditunjukkan dengan data. Dimana data tersebut diperoleh dari hasil pengamatan yang dilakukan dengan prosedur yang sistematis serta objektif.

Jika para peniliti tidak dapat membedakan antara pendekatan ilmiah dan non ilmiah maka akibatnya akan fatal. Hail jerih payah penelitian tidak akan sah karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Irawan (1977) membedakan pendekatan ilmiah dan non ilmiah  berdasarkan  masalah yang dirumuskan, jawaban yang diberikan, proses pengumpulan dan analisis data serta penyimpulan hasil dan pemanfaatan hasil. Perhatikan tabel berikut agar pembaca lebih memahami perbedaan pendekatan ilmiah dan non-ilmiah.



Tabel Perbedaan Pendkatan Penelitian Ilmiah dan Non-Ilmiah
Metode Ilmiah
Metode Non-Ilmiah
Permasalahan harus dirumuskan secara jelas, spesifik dan Nampak variable yang diteliti
Permasalahan yang dipertanyaakan sering tidak jelas, tetapi bersifat umum dan sumir
Jawaban yang diberikan terhadap permasalahan harus didukung dengan logis dan benar
Jawaban apapun tidak perlu didukung data
Proses pengumpulan data, analisis data, dan penyimpulan harus dilakukan dengan logis dan benar
Tidak ada proses pengumpulan data atau analisis data, meskipun mungkin ditutup dengan kesimpulan
Kesimpulan siap diuji oleh siapapun yang meragukan validitasnya
Pengujian terhadap kesimpulan boleh dilakukan ataupun tidak tanpa membawa akibat yang berarti bagi kesimpulan pertama
Hanya digunakan untuk mengkaji hal-hal yang diamati, dapat dikur, empiris
Boleh saja digunakan untuk mengkaji hal apapun termasuk yang paling misterius, supranatural, dan dogmatis


Sumber : http://www.ipapedia.web.id/2014/11/perbedaan-metode-ilmiah-dan-non-ilmiah.html

0 komentar:

Posting Komentar