Jumat, 03 Oktober 2014

Keragaman dan keunikan bahasa di negeri Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang terdiri dari sabang di ujung barat Aceh sampai Merauke di ujung timur. Maka dari itu banyak terdapat keragaman suku,budaya dan bahasa yang ada di setiap masing-masing daerah.

Prinsip Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu mengandung makna yang luas yaitu walaupun negara kita ini memiliki keragaman,suku budaya dan bahasa tapi tetap kita adalah warga negara Indonesia seutuhnya yang berbahasa nasional sekaligus bahasa persatuan bangsa ini ialah Bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia dijadikan bahasa persatuan yaitu berawal dari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928.

Beragam bahasa daerah yang ada di Indonesia mempunyai ciri khas atau keunikan masing-masing.Dari mulai huruf,cara membacanya dan nada suara ketika mengucapkan kata atau kalimat yang dimaksud.

Bahasa daerah yang ada di Indonesia pada umumnya juga adalah hasil percampuran dari budaya luar seperti Cina,Melayu,Portugis dan Arab. Hasil percampuran tersebut terjadi karena Indonesia merupakan bekas jajahan bangsa Eropa dan juga Indonesia dulunya adalah negara yang sangat terbuka dengan perdagangan internasional



Bentuk huruf jawa yang unik







Percakapan dalam berbagai bahasa yang unik :D












0 komentar:

Posting Komentar